PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs. NEGERI SORONG

  • Wati wati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syamsulrizal Syamsulrizal Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Model Numbered Head Togethet, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs. Negeri Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen bentuk quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretes-posttes kontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dengan mengambil dua kelas sebagai sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan dalam penelitian ini melalui teknik tes dan lembar observasi. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian  hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA dua jalan dengan membandingkan perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai P – value untuk faktor aktivitas dan hasil belajar sebesar 0,000 dan lebih kecil dari α = 0,05 maka H0 ditolak, artinya pada taraf  kepercayaan 95% terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Sedangkan nilai P – value untuk faktor pembelajaran memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 dan lebih kecil dari nilai α maka H0 ditolak, artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-21