Penalaran Deduktif Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Ditinjau Dari Perbedaan Gender
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah geometri bidang ditinjau dari perbedaan gender di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, dokumen, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran deduktif mahasiswa matematika yang ditinjau dari perbedaan gender memenuhi beberapa indikator. Indikator penalaran deduktif, yaitu: (1) membuat pernyataan umum, (2) membuat pernyataan khusus, (3) menarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa laki-laki memiliki indikasi cukup baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 1 karena memenuhi 2 dari 3 indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasi cukup baik juga penyelesaian masalah pada nomor 2 karena memenuhi 2 dari 3 indikator penalaran deduktif, serta memiliki indikasi kurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 3 karena memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif. Sedangkan mahasiswa perempuan memiliki indikasi baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 1 karena memenuhi semua indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasi kurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 2 karena hanya memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif, serta memiliki indikasi kurang baik juga dalam penyelesaian masalah pada nomor 3 karena memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif.
Kata Kunci : Kemampuan penalaran deduktif, geometri bidang, perbedaan gender.