Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas Vii Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pemecahan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VII SMP IT Al-ghuroba Kabupaten Sorong. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Al-ghuroba sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tertinggi di kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu posttest, dengan 3 butir soal uaraian dan wawancara tidak terstruktur, setelah semua data terkumpul dilakukan dianalisis secara deskriptif oleh peneliti. Hasil penelitian dari tes kemampuan berpikir kritis matematis serta wawancara, terdapat 2 kategori siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis. Kategori siswa yang memiliki hasil tes tertinggi dalam kemampuan berpikir kritis matematis atas nama H2 (Z) dan H3 (S), sedangkan untuk kategori kemampuan berpikir kritis matematis tingkat rendah yaitu H1 (F). Kemampuan berpikir kritis matematis yang diperoleh berdasarkan kriteria berpikir kritis matematis pada 2 kategori yaitu tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis pada kategori tinggi mampu memenuhi kriteria berpikir kritis matematis dengan baik dan tepat 2) Kemampuan berpikir kritis matematis pada kategori rendah mampu memenuhi kriteria berpikir kritis matematis dengan cukup baik namun kurang tepat.
Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis matematis sistem persamaan linear dua variabel.