Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARCS Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik

  • Anisa Dewi Safitri Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Surya Putra Raharja
  • Heny Sri Astutik

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik apakah adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik atau tidak adanya pengaruh. Penelitian ini merupakan jenis penelitia Pre Experimental dengan desain One Group Pretest Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sorong yang terdiri dari 11 kelas dan di pilih secara acak satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII I. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong sebelum adanya perlakuan dengan nilai pretest 42,88 dan dengan sesudah diberikannya perlakuan dengan nilai posttest 83,44. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik dikelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong.
Kata Kunci : Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan penalaran peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-05