PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA KRISTEN TNS
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA KRISTEN TNS
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Kristen TNS yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen Teon Nila Serua. Tahapan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian dapat diperoleh pada instrumen kevalidan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media dengan memperoleh nilai persentase 77,89% dengan kategori valid, instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa dengan memperoleh nilai persentase 87,04% dengan kategori praktis, sedangkan efektifitas LKS dapat ukur menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rerata presentase N-Gain score adalah sebesar 60,08% dengan tafsiran efektifitas N-Gain yaitu cukup efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKS berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan menghasilkan LKS yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.