Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis
Abstract
Studi ini mengkaji analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sokaraja dengan melihat kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Peneliti mengkategorikan siswa dalam tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan kecerdasan logis matematis mereka. Metode sampling purposive digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tiga siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis dan matematis yang berbeda. Angket, tes, dan wawancara adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, siswa dengan kecerdasan
logis dan matematis tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, melihat dan meneliti kembali jawaban. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaiannya, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang mampu memahami masalah.