PENGARUH MODEL PMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MELALUI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI SISTEM PERNPASAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 8 GOWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Example non Example terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Gowa pada materi sistem pernapasan manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 24. diatas maka ditarik kesimpulan bahwa dikelas experiment rentang <75 terdapat 6 peserta didik memperoleh nilai dengan kategori kurang dengan persentase 20 % pada rentang 75-83 terdapat 19 peserta didik memperoleh skor kategori cukup dengan persentase 63,3. Kemudian pada rentang 84-92 terdapat 5 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan nilai persentase 16,7. Sedangkan pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori baik sekali. Selanjutnya pada kelas kontrol dapat dilihat rentang <75 terdapat 8 peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori kurang dengan memiliki persentase 60 pada rentang 75-83 terdapat 10 peserta didik dengan memperoleh skor dengan kategori cukup dengan persentase 33,3 kemudian pada rentang 84-92 terdapat 2 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan memiliki nilai persentase sebesar 6,7 kemudian pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori sangat baik
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).