PENGARUH MODEL PMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MELALUI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI SISTEM PERNPASAN MANUSIA KELAS XI SMA NEGERI 8 GOWA

  • Muhammad Wajdi Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Example non Example, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Example non Example terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Gowa pada materi sistem pernapasan manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian  pretest dan posttest. Data  dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 24. diatas maka ditarik kesimpulan bahwa dikelas experiment rentang <75 terdapat 6 peserta didik memperoleh nilai dengan kategori kurang dengan persentase 20 % pada rentang 75-83 terdapat 19 peserta didik memperoleh skor kategori  cukup dengan persentase 63,3. Kemudian pada rentang 84-92 terdapat 5 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan nilai persentase 16,7. Sedangkan  pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori baik sekali. Selanjutnya pada kelas kontrol dapat dilihat rentang <75 terdapat 8 peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori kurang dengan memiliki persentase 60 pada rentang 75-83 terdapat 10 peserta didik dengan memperoleh skor dengan kategori cukup dengan persentase 33,3 kemudian pada rentang 84-92 terdapat 2 peserta didik yang memperoleh kategori baik dengan memiliki nilai persentase sebesar 6,7 kemudian pada rentang 93-100 tidak ada peserta didik yang memperoleh skor dengan kategori sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-25