ANALYZING THE LOGICAL REASONING ABILITIES OF PRE SERVICE CHEMISTRY TEACHER

  • Lusia Narsia Amsad Universitas Cenderawasih
  • Jukwati Jukwati Universitas Cenderawasih
  • Dolfina C. Koirewoa Universitas Cenderawasih
Keywords: Analisis, Kemampuan Penalaran Logis, Calon Guru Kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran logis pada mahasiswa calon guru kimia. Kemampuan penalaran logis ini terkait dengan kemampuan yang mereka miliki dala menyelesaikan soal-soal tes kemampuan penalaran logis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa calon guru kimia yang terdapat pada salah satu universitas negeri di Papua. Penelitian eksplanatori merupakan desain yang digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan penalaran logis mahasiswa diketahui untuk kemampauan penalaran proporsional mahasiswa yang mencapai tahapan ini memiliki persentase terbesar sebanyak 75% dan yang paling rendah adalah penalaran probabilitas sebesar 46,88%. Untuk kategori penalaran logis, diketahui kemampuan penalaran logis  mahasiswa Pendidikan kimia meliputi tiga (3)  kategori penalaran logis yaitu kemampuan berpikir formal yang paling tinggi persentasenya sebesar 75%. Berdasarkan temuan penelitian diketahui masih ada mahasiswa yang memiliki level kemampuan berpikir konkret dan transisi sebesar 12,5%. Perlu dilakukan penelitian selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis mahasiswa yang masih berada pada level konkret dan transisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-22