ANALYZING THE LOGICAL REASONING ABILITIES OF PRE SERVICE CHEMISTRY TEACHER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran logis pada mahasiswa calon guru kimia. Kemampuan penalaran logis ini terkait dengan kemampuan yang mereka miliki dala menyelesaikan soal-soal tes kemampuan penalaran logis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa calon guru kimia yang terdapat pada salah satu universitas negeri di Papua. Penelitian eksplanatori merupakan desain yang digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan penalaran logis mahasiswa diketahui untuk kemampauan penalaran proporsional mahasiswa yang mencapai tahapan ini memiliki persentase terbesar sebanyak 75% dan yang paling rendah adalah penalaran probabilitas sebesar 46,88%. Untuk kategori penalaran logis, diketahui kemampuan penalaran logis mahasiswa Pendidikan kimia meliputi tiga (3) kategori penalaran logis yaitu kemampuan berpikir formal yang paling tinggi persentasenya sebesar 75%. Berdasarkan temuan penelitian diketahui masih ada mahasiswa yang memiliki level kemampuan berpikir konkret dan transisi sebesar 12,5%. Perlu dilakukan penelitian selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis mahasiswa yang masih berada pada level konkret dan transisi.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).