PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur disiplin belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (2) mengukur motivasi belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (3) untuk menilai hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (4) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik. (5) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik. (6) mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitianex post facto yang bersifat korelasional. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar dan dimulai pada awal semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang ada di Kecamatan Tamalate berjumlah 1.655 peserta didik dengan sampel berjumlah 166 peserta didik diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yang terdiri dari analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Disiplin belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (2) Motivasi belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (3) Hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (4) terdapat pengaruh secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001). (5) terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001). (6) terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001).
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).