PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

  • Askarmis Rudini Universitas Negeri Makassar
  • Ruslan Ruslan Universitas Negeri Makassar
  • Firdaus Daud Universitas Negeri Makassar
Keywords: Disipilin Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur disiplin belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (2) mengukur motivasi belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (3) untuk menilai hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. (4) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik. (5) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik. (6) mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitianex post facto yang bersifat korelasional. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar dan dimulai pada awal semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang ada di Kecamatan Tamalate berjumlah 1.655  peserta didik dengan sampel berjumlah 166 peserta didik diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yang terdiri dari analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Disiplin belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (2) Motivasi belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (3) Hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Tamalate Kota Makassar termasuk pada kategori tinggi. (4) terdapat pengaruh secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001). (5) terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001). (6) terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,001).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01