PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA MAN MODEL SORONG
Abstract
Keterampilan berpikir kritis akan muncul dalam diri siswa apabila selama proses belajar di dalam kelas, guru membangun pola interaksi dan komunikasi yang lebih menekankan pada proses pembentukan pengetahuan secara aktif oleh siswa. Group Investigation adalah pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil, siswa menggunakan inquiri kooperatif (perencanaan dan diskusi kelompok) kemudian mempresentasikan penemuan mereka di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment).Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, observasi dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di MAN Model Sorong Sorong tahun pelajaran 2013/2014, dengan rancangan penelitian pretest-posttest design.Perhitungan statistik dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA MAN Model Sorong. Perbedaan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dalam pelajaran IPA pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mean 61,30 sedangkan siswa yang mengikuti model pembelajaran group investigation denganmean 74.Uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh thitung 2,272>ttabel 1,68 yang berarti HO ditolak.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).