PEMANFAATAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GERAK BENDA BAGI KELAS I DI SD INPRES 44 KABUPATEN SORONG TAHUN 2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Pemahaman Gerak Benda bagi siswaKelas I diSD Inpres 44 Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan Pemahaman Gerak Benda dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 93,33% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 46,67% meningkat menjadi sebesar 86,67% pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 53,33% meningkat menjadi sebesar 93,33% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 40% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. Partisipasi dalammengeluarkan pendapat siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 86,67% pada siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 100% pada siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. (b) Pemanfaatan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,00 meningkat menjadi 80,67 pada siklus II.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).