PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 6 KABUPATEN SORONG

  • Carolina Oi
  • Anang Triyoso
Keywords: Pictorial riddle, berpikir kritis, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Kabupaten Sorong, penelitian ini berlangsung pada tanggal 03 Mei sampai 22 Mei 2015, dengan menggunakan populasi siswa yang berjumlah 44 orang, sampel dari 2 kelas yang digunakan berjumlah 22 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa yang sebelumnya telah diuji menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, hasil uji validitas yang digunakan valid, hasil uji normalitas data kelas eksperimen berdistribusi normal F < KolmogorovSmirnov tabel (0.117 < 0.281) dan kelas kontrol (0.126<0.281), hasil uji homogenitas kedua kelas memiliki T varians setiap data sama (homogen) signifikasi yang diperoleh > (0.408 > 0.08, hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel bebas yakni  (2.145 > 1.68195) maka H ditolak dan Ha diterima dengan hipotesis Ha = nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih besar dari nilai  rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan metode pembelajaran pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-15