EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN SORONG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

  • Natalia Vensya Solissa
  • Slamet Widodo
Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar.

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah Hasil dari proses belajar mengajar pada mata pelajaran biologi di sekolah SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong masih jauh dari apa yang diharapkan oleh silabus, hasil belajar ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam poses belajar mengajar. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong pada bulan Mei sampai bulan Juni 2016. Metode menggunakan penelitian ini jenis penelitian quasy experimental dengan desain menggunakan Nonequivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X 195 siswa dan sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yaitu kelas Xc sebagai kelas kontrol dan kelas Xe sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes tertulias, yang sebelumnya diuji validitas dan uji reabilitas. Hasil uji validitas pada instrument yang di gunakan valid. Analisis data berdistribusi honogen dan semua data berdistribusi normal. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan instrumen tes tertulis Pre-tes yang diberikan pada siswa kelas kontrol diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan awal siswa 100% belum mencapai nilai yang di harapkan oleh silabus, demikian halnya Pre-tes yang diberikan pada siswa kelas eksperimen diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan awal siswa 100% belum mencapai nilai yang di harapkan oleh silabus. Pada tes akhir atau pos-tes yang di berikan pada kelas kontrol diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan akhir siswa terdapat kenaikan sebesar 29% sedangkan pada kelas eksperimen tes akhir atau pos-tes diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan akhir siswa tjerdapatj kenaikan sebesar 88% dan hasil uji t 2 sampel bebas yakni thitungĀ > ttabel (8.041 > 67412.) sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil yang telah dapat menunjukan bahwa efektifitas penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong efektif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-15