EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN SORONG TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Abstract
Latar belakang Penelitian ini adalah Hasil dari proses belajar mengajar pada mata pelajaran biologi di sekolah SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong masih jauh dari apa yang diharapkan oleh silabus, hasil belajar ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam poses belajar mengajar. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong pada bulan Mei sampai bulan Juni 2016. Metode menggunakan penelitian ini jenis penelitian quasy experimental dengan desain menggunakan Nonequivalent Control. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X 195 siswa dan sampel yang di jadikan dalam penelitian ini yaitu kelas Xc sebagai kelas kontrol dan kelas Xe sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes tertulias, yang sebelumnya diuji validitas dan uji reabilitas. Hasil uji validitas pada instrument yang di gunakan valid. Analisis data berdistribusi honogen dan semua data berdistribusi normal. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan instrumen tes tertulis Pre-tes yang diberikan pada siswa kelas kontrol diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan awal siswa 100% belum mencapai nilai yang di harapkan oleh silabus, demikian halnya Pre-tes yang diberikan pada siswa kelas eksperimen diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan awal siswa 100% belum mencapai nilai yang di harapkan oleh silabus. Pada tes akhir atau pos-tes yang di berikan pada kelas kontrol diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan akhir siswa terdapat kenaikan sebesar 29% sedangkan pada kelas eksperimen tes akhir atau pos-tes diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan akhir siswa tjerdapatj kenaikan sebesar 88% dan hasil uji t 2 sampel bebas yakni thitungĀ > ttabel (8.041 > 67412.) sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil yang telah dapat menunjukan bahwa efektifitas penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong efektif
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).