EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PERMAINAN AUNG-CARBON-CARD PADA MATERI PELAJARAN SENYAWA KARBON
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui keefektifan, tingkat kemudahan dan tingkat ketertarikan siswa penggunaan media permainan Aung-Carbon-Card (ACC) dalam pembelajaran struktur senyawa karbon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas X IPA-1
dianggap sebagai kelompok konrol (KC), kelas X IPA-2 (E1), kelas X IPA-3 (E2) dan kelas IPA-4 (E3) dijadikan kelompok eksperimen. Sumber data penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan sebelumnya dilakukan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas data. Uji hipotesis dilakukan dengan perhitungan uji statistik uji T two sampel independent menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian diperoleh: 1). Pembelajaran senyawa hidrokarbon menggunakan media permainan kartu ACC lebih efektif dibuktikan pada hasil tes dengan uji T, nilai Thitung > Ttabel. 2) Kartu ACC menarik perhatian siswa dalam mempelajari pokok bahasan senyawa karbon dibuktikan dengan hasil angket persentase siswa yang menyatakan permainan kartu ACC hal yang menarik. Hasil persentase E1 88%, E2 85% dan E3 74%. Hasil perhitungan terhadap respon siswa masing-masing kelas eksperimen terhadap KC Thitung > Ttabel. 3). Media permainan kartu ACC dapat membantu mempermudah siswa dalam mempelajari
pokok bahasan senyawa dengan hasil angket persentase siswa yang menyatakan bahwa lebih mudah memahami materi dengan menggunakan ACC E1= 76%, E2 = 85% dan E3 = 81%. 4). Media permainan kartu ACC sesuai dan tepat jika digunakan dibuktikan dengan observasi dengan nilai Thitung > Ttabel.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).