IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN SISTEM RESPIRASI DAN SISTEM EKSKRESI DI SMA AMPERA KOTA SORONG
Abstract
Penggunaan media animasi komputer masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pembelajaran biologi dengan menggunakan media animasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi media animasi komputer dalam pembelajaran Sistem Respirasi dan Sistem Ekskresi di SMA Ampera Kota Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sampel diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan angket hasil data tesĀ tertulis untuk materi non perlakuan terhadap materi dengan perlakuan di SMA Ampera Kota Sorong diperoleh nilai signifikasi 0,11 > 0,005 H0 diperoleh nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran non media dan pembelajaran dengan media sama. Hasil angket materi non perlakuan terhadap materi dengan perlakuan diuji t hitung 60,939 > t tabel 2,203951 H1 diterima (berbeda) artinya di SMA Ampera Kota Sorong motivasi belajar siswa untuk materi dengan perlakuan lebih baik. Hasil observasi di SMA Ampera Kota Sorong, aktivitas siswa masing-masing lebih baik pada PBM untuk kedua materi. Secara umum kesimpulan hasil penelitian yakni penggunaan media animasi komputer dalam pembelajaran sistem respirasi dan sistem ekskresi tidak efektif pada ranah kognitif sedangkan efektif pada ranah afektif dan psikomotor.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).