CARA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM PADA PELAJARAN IPA TOPIK ENERGI BUNYI DI KELAS V SD INPRES 25 KABUPATEN SORONG

  • Naris Widayani
Keywords: praktikum, energi, bunyi

Abstract

Tujuan umum Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kwalitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi Energi Bunyi melalui metode praktikum. Dalam pelaksanaan Penelitian ini, Peneliti menggunakan model Kemmis dan Mc.Tanggart. Rancangan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, Tindakan, Obeservasi dan Refleksi. Dari hasil test tengah semester II tahun pelajaran 2013 / 2014 pada mata pelajaran IPA yang diikuti siswa kelas IV sebanyak 28 orang, hanya 11 orang (39%) yang besrhasil menjawab benar 60% ke atas . Artinya sebanyak 17 orang (61%) dalam mata pelajaran IPA baik secara klasikal maupun individual belum menguasai materi “Energi Bunyi‖. Berdasar pada kegagalan penguasaaan materi oleh sebagian besar siswa kelas IV maka, perbaikan pembelajaran mata pelajaran IPA itu bertujuan meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran di atas melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan perbaikannya direncanakan dalam 2 siklus, diikuti 28 siswa kelas V SD Inpres 25 Kabupaten Sorong. Dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui dua siklus tersebut didapat hasil sebagai berikut : Siklus I lulus 7 orang (25%), siklus II lulus 8 orang (29%). Dengan total keberhasilan sampai siklus II sebanyak 26 orang (93%). Berdasarkan temuan (hasil yang diperoleh) ini dapat disimpulkan bahwa melalui 2 siklus perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan, siswa kelas V SD Inpres 25  Kabupaten Sorong telah “menguasai secara tuntas” materi Energi Bunyi, mata pelajaran IPA pada semester II tahun pelajaran 2013 / 2014.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-15