PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR DI MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG

  • Merlin Mendome Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jaharudin Jaharudin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Predict-Observe- Explain, Think-Talk-Write, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dan think-talk-write (TTW) terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Yaqin. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa Pretest-Posttest berjumlah 40 butir soal pilihan ganda. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan uji independen simple t-test, uji Normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Shapiro wilk dengan hasil pada kelas A yaitu 0,218 > 0,05 yang berarti berdistribusi normal dan hasil uji normalitas pada kelas B yaitu 0,048 > 0,05 yang berarti bahwa hasil tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan tes varian hasil yang di peroleh sebesar 0, 935 > 0,05 yang berarti varian dari dua kelompok sama (Homogen). Maka data yang  di peroleh dalam kategori baik. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis yakni = -.782 <  = 2.02349 yang menunjukan bahwa  di tolak dan  diterima dengan demikian keputusan yang diambil adalah  sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-explain dan Think-talk-Write terhadap hasil belajar siswa di MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-08