PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG

  • Mohamad Rizal Sapua Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Alia Ulfa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jaharudin Jaharudin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kreativitas, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas XI IPA, MA Nurul Yaqin. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji validasi dari dua validator berdasarkan kriteria validasi, maka dapat di simpulkan bahwa instrument tes cukup valid kemudian hasil nilai uji reliabilitas mengunakan Cronbach's Alpha memiliki nilai pada kelas A = 0,999 dan kelas B = 0,999 dan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas hasil nilai uji Normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov yaitu = 0,042 ini artinya bahwa data penelitian tersebut berdistribusi normal, sebelum menggunakan uji paired sample t test. Dengan hasil uji Paired Samples Test pada kelas A dan kelas B yaitu = < 0,001 < 0,05 ini artinya bahwa data penelitian tersebut terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA. Kesimpulan yang dapat di tarik dalam penelitian ini adalah terdapat pengaru model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-08