PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas XI IPA, MA Nurul Yaqin. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji validasi dari dua validator berdasarkan kriteria validasi, maka dapat di simpulkan bahwa instrument tes cukup valid kemudian hasil nilai uji reliabilitas mengunakan Cronbach's Alpha memiliki nilai pada kelas A = 0,999 dan kelas B = 0,999 dan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas hasil nilai uji Normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov yaitu = 0,042 ini artinya bahwa data penelitian tersebut berdistribusi normal, sebelum menggunakan uji paired sample t test. Dengan hasil uji Paired Samples Test pada kelas A dan kelas B yaitu = < 0,001 < 0,05 ini artinya bahwa data penelitian tersebut terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA. Kesimpulan yang dapat di tarik dalam penelitian ini adalah terdapat pengaru model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).