EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PLANTAE DI KELAS X MA NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG

  • Novalina Sables Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Sirojjuddin Sirojjuddin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anang Triyoso Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Efektivitas, Project Based Learning, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Model pembelajaran  berbasis  proyek,  Project Based  Learning merupakan model  belajar  yang  melibatkan  siswa  secara  langsung  dalam  memecahkan  permasalahan. Melalui kegiatan proyek, siswa  diberi  kesempatan  untuk  aktif  mengumpulkan dan  mengintegrasikan pengetahuan  baru  berdasarkan  pengalaman  mereka  dalam  beraktifitas  secara  nyata.   Jenis ini adalah penelitian  kuantitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Selanjutnya, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MA Nurul Yaqin.  Teknik pengambilan sampel dengan  cara  purposive sampling  class yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil  penelitian  yang  diperoleh  nilai rata-rata menggunakan project based learning yaitu 88 sedangkan nilai rata-rata sebelum menggunakan project based learning yaitu 67. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,009 artinya bahwa hasil yang telah diperoleh < 0,05 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran project bases learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-08