MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIIB MTs. MUHAMMDIYAH 1 KOTA SORONG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong.Rancangan yang diguanakan dalam penelitian adalah rancangan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa setelah tindakan.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi.Untuk menganalisis data menggunakan rumus kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Hal ini berdasarkan nilai post tes siklus I dan siklus II yang terlihat pada hasil analisis data, dimana pada siklus I dengan siswa tuntas sebanyak 7 siswa (33,33%) dari 21 siswa dengan rata-rata nilai 59,52 dan meningkat pada siklus II dengan siswa tuntas sebanyak 18 siswa (85,71%) dari 21 siswa dengan rata-rata nilai 78,09. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan atau mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).