PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 10 KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan pembelajaran berbasis alam sekitar sekolah sebagai aplikasi pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMP N 10 Kabupaten Sorong pada bulan Mei 2016, dengan mengunakan populasi yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa untuk kelas VIIIA dan 20 siswa untuk kelas VIIIB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. deskriptif kuantitatif dengan analisis komperatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas pada instrumen yang digunakan valid. Data tes berdistribusi homogen dan semua normal. Hasil uji t-test paired sampel kelas VIIIA yakni thitung > ttabel (0,401 < 2,09 ) dan kelas VIIIB thitung > ttabel (15,884 > 2,10092) sehingga ada perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis alam sekitar sekoalah lingkungan alam sekitar sekolah sebagai aplikasi pembelajaran dan dari hasil tes siswa yang diperoleh bahwa aplikasi pembelajaran tersebut efektif sebagai aplikasi pembelajaran.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).