PENGEMBANGAN TUGAS-TUGAS BIOLOGI DALAM PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Untuk Mengetahui Bagaimana Minat mengerjakan tugas-tugas siswa di SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman.Untuk Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat siswa dalam mengerjakan tugas Biologi.Untuk Mengetahui Bagaimanakah SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman. Sampel terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman. Peneltian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan pada tanggal 18 juli sampai dengan tanggal 30 agustus 2016. Prosedur atau langkah-langkah penelitian yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat kegiatan pokok adalah kegiatan perencanaan tindakan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Empat kegiatan ini berlangsung secara singkat yang urutannya dapat mengalami modifikasi. Hasil pengambilan data dengan mengunakan angket konsuiner di siklus pertama atau siklus ke satu ada enam belas siswa yang hadir. Hasil Observasi pada siklus ke satu ini di lakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa di bagi menjadi empat kelompok. Disiklus ke satu
ini penulis melakukan belajar mengajar terlebih dahulu. Buku yang di gunakan oleh penulis yaitu Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Saeful karim, dkk Materi yang di berikan kepada siswa BAB I tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan pada makhluk hidup. penulis memberikan tugas kepada siswa tugas yang di berikan kepada siswa yaitu tentang tahapan perkembangan manusia. Minat adalah kecendrungan subjek untuk merasa tertarik pada mata pelajaran atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang mempelajari materi itu. Besar kecilnya minat akan mempengaruhi keberhasilan bagi setiap kreativitas manusia. Faktor –faktor yang mempengaruhi siswa kelas VIII adalah siswa yang masih menunjukan tidak keaktifan dalam proses pembelajaran, seperti melamun, mengantuk, tidak memperhatikan pembelajaran, tidak bertanya kepada guru tentang materi yang belum jelas, tidak menjawab pertanyaan dari guru, tidak mengerjakan tugas, dan sibuk aktivitas masing-masing misalnya bicara sendiri.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).