PENGEMBANGAN TUGAS-TUGAS BIOLOGI DALAM PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Salim Ula
Keywords: tugas-tugas biologi, minat belajar, jefman.

Abstract

Untuk Mengetahui Bagaimana Minat mengerjakan tugas-tugas siswa di SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman.Untuk Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat siswa dalam mengerjakan tugas Biologi.Untuk Mengetahui Bagaimanakah SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman. Sampel terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Raja Ampat Kampung Jefman. Peneltian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan pada tanggal 18 juli sampai dengan tanggal 30 agustus 2016. Prosedur atau langkah-langkah penelitian yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat kegiatan pokok adalah kegiatan perencanaan tindakan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Empat kegiatan ini berlangsung secara singkat yang urutannya dapat mengalami modifikasi. Hasil pengambilan data dengan mengunakan angket konsuiner di siklus pertama atau siklus ke satu ada enam belas siswa yang hadir. Hasil Observasi pada siklus ke satu ini di lakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa di bagi menjadi empat kelompok. Disiklus ke satu
ini penulis melakukan belajar mengajar terlebih dahulu. Buku yang di gunakan oleh penulis yaitu Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Saeful karim, dkk Materi yang di berikan kepada siswa BAB I tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan pada makhluk hidup. penulis memberikan tugas kepada siswa tugas yang di berikan kepada siswa yaitu tentang tahapan perkembangan manusia. Minat adalah kecendrungan subjek untuk merasa tertarik pada mata pelajaran atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang mempelajari materi itu. Besar kecilnya minat akan mempengaruhi keberhasilan bagi setiap kreativitas manusia. Faktor –faktor yang mempengaruhi siswa kelas VIII adalah siswa yang masih menunjukan tidak keaktifan dalam proses pembelajaran, seperti melamun, mengantuk, tidak memperhatikan pembelajaran, tidak bertanya kepada guru tentang materi yang belum jelas, tidak menjawab pertanyaan dari guru, tidak mengerjakan tugas, dan sibuk aktivitas masing-masing misalnya bicara sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-15