PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA YPK BETHEL
Abstract
Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakannya kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa di SMA YPK Bethel Aimas Khususnya pada siswa kelas XB yang dipakai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil terakhir (pretest) yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas XB di SMA YPK Bethel Aimas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XB. Metodologi pendidikan yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan alasan one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan adalah penelitian tes yang sebelumnya diuji validitas dan uji reabilitas. Hasil yang diuji validitas pada instrumen yang digunakan valid. Data tes berdistribusi normal, hasil uji T-test paired sampai pada kelas XB didapati bahwa nilai T-hitung dan T-tabel yakni 0,576 > 2,281 sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan metode outdoor learningdari hasil test siswa diperoleh bahwa metode outdoor learning tersebut efektif sebagai metode pembelajaran.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).