PENERAPAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM BAGI SISWA KELAS XSMA MUHAMMADIYAH AIMAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi materi Ekosistem bagi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Aimas.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi partisipasi aktif siswa, lembar observasi presentasi dan laporan akhir dan soal tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase partisipasi aktif siswa mengalami peningkatan antara siklus 1 (50%) dan siklus 2 (80%). Peningkatan juga terlihat pada rerata hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan antara siklus 1 (69,60) dan siklus 2 (72). Persentase ketuntasan hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan antara siklus 1 (70%) dan siklus 2 (100%). Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa Penerapan strategi Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah
Aimas dalam pembelajaran Biologi.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).