PEMBUATAN HERBARIUM PADA KONSEP KLASIFIKASI SISTEM BINOMIAL NOMENCLATURE TANAMAN APOTIK HIDUP; SUATU ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM DI SMP NEGERI 6 KOTA SORONG

  • Fine Thenu
Keywords: binomial, klasifikasi, apotik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; penerapan pembuatan herbarium spesimen tanaman apotik hidup terhadap penerapan pembelajaran konsep klasifikasi nomenclature binomial melalui kegiatan praktikum pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunkan adalah kelas E dan F Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang akan digunakan dianalisis dengan menggunakan uji reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Data yang akan diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis yakni dengan uji t one sample dan uji T two sample independent. Hasil penelitian yakni uji t di kelas kontrol pada hasil tes tertulis adalah t  = 1,315, pada hasil angket t hitung > t tabel, di kelas eksperimen pada hasil eksperimen pada hasil tes tertulis t hitung = 0, 868 < t tabel hitung  = 1,314, hasil angket t hitung > t tabel. Hasil uji t kelas eksperimen terhadap kelas kontrol yakni pada tes tertulis t  hitung = 0,012 < t tabel = 1,674, pada hasil angket t  hitung = 0,865 < t  = 1,674. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran dengan pembuatan herbarium tanaman apotik hidup berbeda positif dibanding pendekatan klasikal pada motivasi belajar siswa dan secara langsung pada prestasi belajar dan berbeda lebih baik pada kerjasama, keaktifan, motivasi siswa tetapi kurang baik pada ketepatan penggunaan waktu pada proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-15