PEMBUATAN HERBARIUM PADA KONSEP KLASIFIKASI SISTEM BINOMIAL NOMENCLATURE TANAMAN APOTIK HIDUP; SUATU ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM DI SMP NEGERI 6 KOTA SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; penerapan pembuatan herbarium spesimen tanaman apotik hidup terhadap penerapan pembelajaran konsep klasifikasi nomenclature binomial melalui kegiatan praktikum pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunkan adalah kelas E dan F Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang akan digunakan dianalisis dengan menggunakan uji reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Data yang akan diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis yakni dengan uji t one sample dan uji T two sample independent. Hasil penelitian yakni uji t di kelas kontrol pada hasil tes tertulis adalah t = 1,315, pada hasil angket t hitung > t tabel, di kelas eksperimen pada hasil eksperimen pada hasil tes tertulis t hitung = 0, 868 < t tabel hitung = 1,314, hasil angket t hitung > t tabel. Hasil uji t kelas eksperimen terhadap kelas kontrol yakni pada tes tertulis t hitung = 0,012 < t tabel = 1,674, pada hasil angket t hitung = 0,865 < t = 1,674. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran dengan pembuatan herbarium tanaman apotik hidup berbeda positif dibanding pendekatan klasikal pada motivasi belajar siswa dan secara langsung pada prestasi belajar dan berbeda lebih baik pada kerjasama, keaktifan, motivasi siswa tetapi kurang baik pada ketepatan penggunaan waktu pada proses belajar mengajar.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).