PEMANFAATAN TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DALAM PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP KELAS VII B SMP GUPPI SALAWATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Pemanfaatan Tumbuhan Berkhasiat Obat Dalam Pembelajaran KeanekaragamanMahluk Hidup Kelas VII B SMP GUPPI Salawati. Rancanngan penelitian ini menggunakan metode eksperimesungguhan yang di lakukan pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2014. Sampel yang di gunakan adalasemua Siswa kelas VII B SMP GUPPI Salawati, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalaobservasi, tes, dokumentasi, tempat penelitian SMP GUPPI Salawati.Penelitian ini tergolong penelitian populasdikarenakan subjek dari penelitian ini kurang dari 100 orang, yaitu berjumlah 26 Siswa yang terbagi menjadi 1Siswa laki-laki dan 10 Siswa perempuan. Alat atau instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan post-test. Pre-test diberikan sebelum siswa mendapatkan perlakuan denngan menggunakan metodeksperimen. Nilai rata-rata pre-test ini sebesar 49,46. Post-test diberikan setelah siswa mendapat perlakuadenngan menggunakan metode eksperimen dan nilai rata-rata post-test tersebut sebesar 69,81. Kemudian hasildari pre-test dan pos-test tersebut di subtitusikan kedalam rumus persentase hasil peningkatan hasil belajar padmateri Pemanfaatan Tumbuhan Berkhasiat Obat Dalam Pembelajaran Keanekaragaman Mahluk Hidup dapatmeningkat dan itu terbukti dari penelitian yang peniliti lakukan.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).