PEMANFAATAN PROGRAM POWERPOINT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA PADAPOKOK BAHASAN EKOSISTEM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam penggunaan program PowerPoint terhadap pengusaan konsep dan motivasi siswa dalam pembelajran biologi pokok bahasan ekosistem. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk membentuk generasi yang siap mengganti tongkat estafet generasi tua dalam rangka membangun masa depan. Penelitian ini telah di laksanakan di sekolah MTs AL-Ma’arif Aimas, yang di laksanakan pada tanggal 26 Mei sampai tanggal 31 Mei 2014. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII IPA dengan jumlah 38 siswa. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskripsi kuantitatif dengan analisis komparatif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, yang diuji dengan uji validitas. Hasil uji validitas tes tertulis = 0,012 – 0,584 jadi instrument yang digunakan valid dan reabil. Hasil dari uji t adalah t sebesar 4,122 sedangkan t tabel
sebesar 2,008 ternyata t hitung lebih besar dari t (4,122 ˃ 0,008). Sehingga pembelajaran Biologi pada pokok bahasan ekosistem menggunakan media PowerPoint lebih efektif dari pada tanpa menggunakan media PowerPoint. Media PowerPoint sesuai dan tepat jika digunakan dalam pembelajaran biologi
pokok bahasan ekosistem.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).