PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG ALAT PENCERNAAN MAKANAN MELALUI MEDIA GAMBAR/ MODEL BAGI KELAS V DI SD INPRES 118 KLAMALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanPemahaman siswa akan Alat Pencernaan Makanaan bagi siswa Kelas V di SD Inpres 118 Klamalu melalui Model / Gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1 nilai rata-rata pemahaman siswa akan alat pencernaan siswa kelas V pada sebelum siklus sebesar 60 pada siklus I sebesar 68,76 dan pada siklus II sebesar 78,57 sehingga terdapat kenaikan nilai rata- rata dari sebelum siklus I. Selanjutnya kesiklus II. 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus menunjukan angka sebesar 38,09% (8 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 21 siswa ) ,pada siklus I sebesar 68,76 % (10 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 21 siswa ) dan pada siklus II sebesar 78,57 % ( 20 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 21 siswa ) Dengan demikian terdapat penningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II .Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuatĀ su/ kesimpulan sebagai berikut : Melalui Pemanfaatan gambar / model dapat meningkatkan pemahan siswa akan alat pencernaan pada siswa kelas V SD Inpres 118 Klamalu Distrik Mariat KabupAten Sorong tahun pelajaran 2011 /2012
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).