PEMANFAATAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA BAGI SISWA KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda BagiSiswa kelas IV di SD Inpres 118 Klamalu melalui pemanfaatan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti denganguru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajiandata serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Demonstrasi dapatmeningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang Konsep Listrikdapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan bagi siklus I sebesar 28,13% meningkat menjadi sebesar78,13% bagi siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 25% meningkat menjadi sebesar93,75% bagi siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 31,25% meningkat menjadisebesar 90,63% bagi siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 21,87% meningkat menjadi sebesar68,75% bagi siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 25% meningkat menjadi sebesar 78,13% bagi siklus II. Partisipasi dalam mengeluarkan pendapat siklus I sebesar 28,13% meningkat menjadisebesar 71,87% bagi siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 34,38% meningkatmenjadi sebesar 78,13% bagi siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 21,87% meningkatmenjadi sebesar 75% bagi siklus II. (b) Pemanfaatan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa. Rata-rata hasil belajar siswa bagi siklus I sebesar 32,19 meningkat menjadi 82,03 bagi siklus II.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).