PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI HEWAN YANG HAMPIR PUNAH BAGI KELAS VI DI SD INPRES 48 KASIM SELE

  • Kemijan Kemijan
Keywords: gambar, hewan, punah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi hewan yang hampir punah bagi siswa Kelas VI di SD Inpres 48 Kasim Sele melalui pemanfaatan Media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Media gambar dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi hewan yang hampir punah dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi sebesar 95% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 40% meningkat menjadi sebesar 100% pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 95% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 25% meningkat menjadi sebesar 70% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 35%  meningkat menjadi sebesar 65% pada siklus II. Partisipasi dalam mengeluarkan pendapat siklus I sebesar 20% meningkat menjadi sebesar 65% pada siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 55% meningkat menjadi sebesar 90% pada siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 30% meningkat menjadi sebesar 75% pada siklus II. (b) Pemanfaatan Media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53.5 meningkat menjadi 69,75 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-15