PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR MANDIRI TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIMUDA SORONG TAHUN AKADEMIK 2021/2022.

  • Edi Sutomo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pembentukan komunitas, belajar mandiri, aktifitas belajar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian penulis merekomendasikan bahwa pembentukan komunitas belajar mandiri di lingkungan UNIMUDA Sorong perlu dibentuk, karena berdampak langsung sehingga aktifitas dan motivasi belajar mahasiswa meningkat serta kreatif. Dari hasil yang analisis di peroleh data efektifitas pembentukan komunitas belajar mandiri terhadap aktifitas belajar mahasiswa. Hasil perbandingan, 3 tingkatan semester 2 diantaranya efektif dan 1 kurang efektif dari pengujiaan hasil angket. Maka di simpulkan komunitas belajar mandiri efektif terhadap aktifitas belajar, thitung lebih besar dari ttabel( -2.334 < -3.397 > -1.585  = 0.044 > 0.009 < 0.147 pada α 0.05 ). Adanya perbedaan aktifitas belajar mahasiswa antar semester pada saat mengikuti komunitas belajar mandiri yang terbukti oleh thitung lebih kecil dari ttabel dalam perbedaan yang signifikan.( 0.202 > 0.165 > -.378 dengan sig.0.010 > 0.009 < 0.958 pada α 0.05 ) dari data tersebut dapat di simpulkan mengalami peningkatan. Hasil data mahasiswa putra dan putri terjadi perbedaan aktifitas pada saat mengikuti komunitas belajar mandiri meskipun tidak signifikan yang diujikan dalam statistik terbukti dari hasil thitung lebih kecil dari ttabel. ( -,046 < 1.701 dan sig. 0.721 > 0.05 ). Hasil penelitian ini secara keseluruhan disimpulkan bahwa pembentukan komunitas belajar mandiri berefek langsung terhadap aktifitas belajar mahasiswa. Hal ini dipertegas oleh hasil dokumentasi pada saat penelitian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-08