PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR MANDIRI TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIMUDA SORONG TAHUN AKADEMIK 2021/2022.
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian penulis merekomendasikan bahwa pembentukan komunitas belajar mandiri di lingkungan UNIMUDA Sorong perlu dibentuk, karena berdampak langsung sehingga aktifitas dan motivasi belajar mahasiswa meningkat serta kreatif. Dari hasil yang analisis di peroleh data efektifitas pembentukan komunitas belajar mandiri terhadap aktifitas belajar mahasiswa. Hasil perbandingan, 3 tingkatan semester 2 diantaranya efektif dan 1 kurang efektif dari pengujiaan hasil angket. Maka di simpulkan komunitas belajar mandiri efektif terhadap aktifitas belajar, thitung lebih besar dari ttabel( -2.334 < -3.397 > -1.585 = 0.044 > 0.009 < 0.147 pada α 0.05 ). Adanya perbedaan aktifitas belajar mahasiswa antar semester pada saat mengikuti komunitas belajar mandiri yang terbukti oleh thitung lebih kecil dari ttabel dalam perbedaan yang signifikan.( 0.202 > 0.165 > -.378 dengan sig.0.010 > 0.009 < 0.958 pada α 0.05 ) dari data tersebut dapat di simpulkan mengalami peningkatan. Hasil data mahasiswa putra dan putri terjadi perbedaan aktifitas pada saat mengikuti komunitas belajar mandiri meskipun tidak signifikan yang diujikan dalam statistik terbukti dari hasil thitung lebih kecil dari ttabel. ( -,046 < 1.701 dan sig. 0.721 > 0.05 ). Hasil penelitian ini secara keseluruhan disimpulkan bahwa pembentukan komunitas belajar mandiri berefek langsung terhadap aktifitas belajar mahasiswa. Hal ini dipertegas oleh hasil dokumentasi pada saat penelitian
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).