PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan pembelajaran daring yang diberlakukan selama covid 19 di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang mendiksripsikan pembelajaran Online di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama covid 19 adalah proses pembelajaran online dengan bentuk pembelajaran online selama pandemi covid 19 adalah penggunaan aplikasi aplikasi zoom, google classroom dan whatsapp group. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran online adalah a) Aplikasi yang digunakan.Untuk aplikasi whatsaap grup dan google classroom bisa dikatakan efektif karena informasi perkuliahan terdistribusi secara cepat. Untuk aplikasi zoom, menjadi kendala bagi mahasiswa, terkadang materi tidak tersampaikan; b) Jaringan internet yang tidak stabil; c) Ilmu yang diberikan belum tersampaikan secara baik. Penggunak platform tersebut terhadap pembelajaran darinf di Univesitas Pendididkan Muhammadiyah Sorong pada program studi ilmu pemerintahan efektif dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Zoom. Adapun kendala yang dialami terdapat pada mahasiswa yaitu masalah koneksi internet dan kuota mahasiswa
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).