PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI ASISTENSI MENGAJAR PROGRAM MBKM DI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG

  • Umi Fitria Raubun Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Sirojjuddin Sirojjuddin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Jaharudin Jaharudin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Asistensi Mengajar, Program MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai Bagaimana Persepsi dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi sebagai bagian yang telah mengikuti program merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, yang berjumlah 138 mahasiswa. Dan pengumpulan subjek yang diambil peneliti hanya fokus pada mahasiswa prodi pendidikan biologi adapun jumlah subjek yang diambil peneliti setengah dari jumlah subjek yaitu sekitar 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan wawancara dilakukan pada beberapa mahasiswa terhadap Persepsi Implementasi terkait dengan Asistensi Mengajar Program MBKM di Prodi Pendidikan Biologi secara keseluruhan memperoleh hasil dengan kategori kurang baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mahasiswa telah terima Informasi dan mengetahui program ini dan sangat baik untuk berkontribusi. Namun demikian, sistem informasi proram ini masih perlu diperbaiki untuk memberikan akses yang baik bagi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-07