ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLABORASI KELAS VII PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN DI SMP MUHAMMADIYAH AIMAS
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya siswa yang tidak terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung, dan ketika mengerjakan tugas secara mandiri di kelas masih harus dimotivasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa dalam kolaborasi pada materi pemisahan campuran kelas VII di SMP Muhammadiyah Aimas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu penulisan yang menggambarkan keadaan sebenarnya tentang objek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah Aimas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data pada penelitian ini dikumpulkan dengan instrument nontes berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Rata-rata indikator keseluruhan keaktifan belajar siswa terhadap keterampilan kolaborasi sebesar 59,87% berkatagori baik. Dengan rincian indikator kegiatan visual 49,68% kategori “cukup baik”. Kegiatan lisan yaitu 71,56% kategori “sangat baik”. Kegiatan mendengarkan yaitu 51, 87% kategori “baik”. Kegiatan menulis yaitu 57,81% kategori “baik”. Dan Kegiatan metrik yaitu 80% kategori “sangat baik”.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).