PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM- BASED LEARNING) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SORONG

  • Leni Marlina Fadimpo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ratna Prabawati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Alia Ulfa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Pertahanan Tubuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)  pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap hasil belajar biologi kelas XI SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil dari populasi yang jumlah ppeserta didik pada kelas XI adalah 17 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga teknik analilisis datanya menggunakan statistic. Teknik pengambilan data mengggunakan posttes presttest dan dokumentasi. Peneliti menggunakan banatuan IBM STATISTIC SPSS dengan menggunakan Coreected item- Total Correlation Yang merupakan korelasi antara skor item dan skor total item dengan membandingkan denga nilai rhitung dan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% Nilai rhitung tersebut dibandingkan dengan  rtabel nilai N=17 dengan taraf siginifikansi 5% yaitu 0,908, maka data tersebut di peroleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,881>0, maka H1 diterima dan Ho ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara pengaruh penerapan model pembelajran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar biologi kelas XI SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-21