ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK WEB TENTANG MATERI VIRUS UNTUK SMA
Abstract
Keaktifan belajar siswa menjadi penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media yang bersifat interaktif diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang efisien dan menyenangkan karena siswa dituntut untuk aktif berperan serta dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk web untuk materi virus sebagai bahan ajar tambahan biologi kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Metode yang digunakan adalah pengisian angket observasi oleh 34 orang peserta didik kelas X dan wawancara dengan satu orang guru Biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Biologi, khususnya pada materi virus karena materi bersifat abstrak, dimana siswa tidak bisa mengamati secara langsung. Hasil penelitian ini adalah belum tersedianya multimedia pembelajaran interaktif berbentuk web yang menarik minat dan motivasi belajar peserta didik khususnya pada materi virus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perlunya pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk web untuk materi virus SMA.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).