PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MA YAHBON TOLLU KECAMATAN CAMBA KABUPATEN MAROS TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan strategi jigsaw di MA Yahbon Tollu, Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan analisis tes hasil belajar. Temuan analisis tes hasil belajar melalui penerapan strategi jigsaw diperoleh hasil tes sudah memenuhi ketuntasan belajar dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 88,89% dan berdasarkan skor gain ternormalisasi pembelajaran ini mempunyai nilai 0,31% yang tergolong kategori efektivitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi jigsaw yang dikembangkan pada penelitian ini cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi jigsaw pada pembelajaran Biologi di MA Yahbon Tollu Kecamatan Camba Kabupaten Maros.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).