PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 9 Makassar, dan untuk mengetahui adakah perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 9 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ex post facto.Populasi berjumlah 248 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling berjumlah 67 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2018 tahun pelajaran 2018/2019. Tempat penelitian di SMA Negeri 9 Makassar yang terletak di Jalan Karunrung Raya No 37, Karunrung, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes kreatifitas verbal. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar berada pada kategori baik, terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,024 pada taraf sig. α 0,05. Kemampuan berpikir divergen siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).