PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA SEMESTER VI UNIMUDA SORONG TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah ekologi hewan pada submateri keaneragaman komunitas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol tanpa model pembelajaran discovery learning. Analisis data berupa uji validitas, n gaint, dan uji t tidak berpasangan, analisis nilai afektif dan psikomotor, uji mann whitney U dan uji linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi aspek kognitif dan afektif sebesar p (0,000) < α (0,05), sedangkan nilai signifikansi aspek psikomotor sebesar p (0,029) < α (0,05), hal ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar. Besaran pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 52,1%, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor tidak dapat dianalisis secara lanjut besaran pengaruhnya karena berupa data ordinal.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).