PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KINERJA DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Implementasi Model Inkuiri Based Learning (IBL) pada pembelajaran biologi terhadap kinerja dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bantaeng Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, sejak tanggal 4 September 2019 hingga 18 September 2019. Materi yang diberikan pada saat pengamatan adalah Bioteknologi konvensional (Fermentasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA4 SMA Negeri 2 Bantaeng dengan jumlah siswa 32 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Implementasi Model Inkuiri Based Learning (IBL) rata-rata kinerja siswa 78.52% yang berarti siswa dapat mengikuti pembelajaran Inkuiri Based Learning dengan baik, rata-rata hasil belajar siswa 70.88% atau masuk dalam kategori tinggi, dan peningkatan hasil belajar berdasarkan indeks Gain ternormalisasi memiliki rata-rata 0,59 termasuk kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Implementasi model pembelajaran Inkuiri Based Learning (IBL) berpengaruh pada kinerja siswa dan hasil belajar siswa.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).