PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THOWING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA MUIHAMMADIYAH AIMAS KELAS XI MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsiksn pengaruh metode pembelajaran Snowball Thowing terhadap minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Aimas kelas XI pada mata pelajaran sistem eksresi pada manusia. Pada penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan desain pre Eksperimental Design yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok eksperimen dan tidak memiliki kelompok control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu angket pernyataan minat belajar, lembar observasi peserta didik, RPP,dan dokumentasi. Data yang dinperoleh penelitian ini di uji kevaliditannya dengan nilaioleh validator Unimuda sorong. Hasil data yang di peroleh menggunakan hasil deskriptif statistik angket pre-test dan pos-test. Dari analisis data di peroleh uji normalitas hasil dari uji nomalitas terbukti normal karna hasil dari L hitung 0,940 dan L tabel 0,320. Apabila L hitung lebih besar dari L tabel maka data tersebut berdistribusi normal. Dan hasil uji hipotesis korelasi dengan hasil uji yang di peroleh dengan penentuan taraf signifikan 5% dan keputusan jika r hitung lebih besar dari r tabel, maka dpat di katakan tidak terdapat pengaruh, dengan hasil yang di peroleh dari hasil uji hipotesis korelasi ini adalah r tabel : 0,532 dan r hitung : 0,923 maka hasil uji hipotesis ini dapat di katakan terdapat pengaruh peningkatan minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Aimas dengan materi sistem ekskresi pada manusia.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).