PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOLOGI

  • Dwi Yarmalinda STKIP PGRI Papua Serui
  • Sineri Sineri STKIP PGRI Papua Serui
Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Analitis, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh  model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada pokok bahasan ekologi,  dan (2) pengaruh model  problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent control-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA  Negeri 1 Serui. Sampel penelitian ini adalah  2 kelas yang di ambil secara acak dari kelas X MIPA SMA Negeri 1 Serui, dengan rincian  X MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen menerapkan model  problem based learning, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol menggunakan pendekatan 5M. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berpikir analitis dan berpikir kritis peserta didik berupa soal uraian. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan nilai signifikansi (.000) (≤ 0,05),  dan (2) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikansi (.001) (p ≤ 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-29