PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA

  • Muhamad Imron STKIP PGRI Papua Serui
  • Johanis Saroi STKIP PGRI Papua Serui
Keywords: Problem Based Learning, Kompetensi Belajar

Abstract

Penelitian ini diawali dengan  hasil belajar peserta didik masih rendah. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya adalah pemilihan  model   pembelajaran     yang   kurang  tepat.   Penulis  mendapatkan gambaran dari observasi bahwa proses pembelajaran   biologi di sekolah belum sesuai harapan. Penelitian  ini  termasuk  penelitian  eksperimental  semu  (Quasi Experimental Reasearch). Pada rancangan ini peserta didik dikelompokkan dalam dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan Kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t untuk kompetensi ranah kognitif dan Mann Whitney U untuk kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh berupa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran  Problem Based Learning lebih baik dari pada  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  konvensional  dengan  nilai  rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen 87,7 dan kelas kontrol 80,35, ranah afektif kelas eksperimen 79,93 dan kelas kontrol 71,76 dan nilai rata-rata ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan 65,28 dan kelas kontrol 46,94.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-29