FORMULASI DAN UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN SALEP EKSTRAK ETANOL DAUN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA MENCIT (Mus musculus)

FORMULASI DAN UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN SALEP EKSTRAK ETANOL DAUN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA MENCIT (Mus musculus)

  • Aulia Bella Miranda Rumbewas Universitas Pendidikan Muhammdiyah Sorong
  • Ratih Arum Astuti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Vincentia Santy Assem Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Salep, Ekstrak daun mahkota dewa, Penyembuhan luka, Mencit jantan.

Abstract

Daun mahkota dewa merupakan tumbuhan berkhasiat obat yang bekerja dalam proses penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas salep ekstrak etanol daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dengan 3 konsentrasi yaitu 3%, 5% dan 7% terhadap penyembuhan luka sayat pada punggung mencit. Formulasi dari ke-3 salep ekstrak daun mahkota dewa telah diuji fisik. Metode penelitian ini adalah eksperimental. Sebanyak 18 ekor mencit di bagi dengan 6 kelompok. Masing-masing kelompok dilukai sepanjang 1 cm kemudian diberi perlakuan K1 (Kontrol negatif), K2 (Kontrol positif), K3 (Kontrol netral), K4 (Konsentrasi 3%), K5 (Konsentrasi 5%) dan K6 (Konsentrasi 7%). Luka diolesi 2 kali sehari dengan salep selama 14 hari. Hasil penelitian menunjukan, penyempitan luka, membentuk keropeng dan menutup luka. Hasil uji statistik memberikan efek signifikan terhadap penyembuhan luka pada mencit, yaitu (p>0,05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembuatan salep ekstrak daun mahkota dewa menghasilkan sediaan salep yang memenuhi syarat dengan konsentrasi 3%, 5% dan 7% memberikan efektifitas penyembuhan luka sayat pada mencit jantan. Konsentrasi 7% memiliki efek peneyembuhan luka sayat paling cepat dibanding konsentrasi 3% dan 5%.

Salep, Ekstrak daun mahkota dewa, Penyembuhan luka, Mencit jantan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29