PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Hidayatussakinah Hidayatussakinah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ismail Marzuki Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Alia Ulfa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Kemamampuan berpikir kritis merupakan kemamapuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Penerapan  model pembelajaran berbasis masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemamapuan peserta didik dalam berpikir kritis

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif-eksperimen semu dengan desain penelitain nonequivalent pretest posttest control group design. Jumlah Populasi dalam  penelitian adalah 262 orang yang tergabung dalam kelas VII SMP Negri Mataram. Sampel penelitian berjumlah 114 orang yang terbagi menjadi 4 (Empat) kelas, diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpiki kritis adalah tes essy. Data dianalisis menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-17